dailyvideo

gsfhSHDGSFGHASHCSAV FDFDGFSDGADFAS SAFgdhsghhsdhdhs dsgshdhdshjdgshgsg sgdfhsfhs dhgfhsghdghf gfgyweueyuuweg weewbdhsbhbhsgdsad gdyhbhc bcduh

Bibit Samad Rianto (Wakil Ketua KPK)

Lahir di Kediri, Jawa Timur pada 3 November 1945. Menghabiskan masa sekolah di tanah kelahirannya, Bibit kemudian memilih untuk bergabung di Akademi Kepolisian dan lulus pada 1970. Setelah itu, 30 tahun lamanya Bibit mengabdi di kepolisian. Berbagai posisi teritorial pernah diembannya, di antaranya Kapolres Jakarta Utara, Kapolres Jakarta Pusat, Wakapolda Jawa Timur, dan Kapolda Kalimantan Timur.


Bibit pensiun dari kepolisian pada 15 Juli 2000 dengan pangkat terakhir Inspektur Jenderal. Atas jasa dan pengabdiannya selama bertugas, beliau mendapatkan berbagai bintang jasa dan penghargaan. Di antaranya: Satya Lencana Kesetiaan, Satya Lencana Dwidya Sista, Bintang Bhayangkara Nararya, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Bhayangkara Pratama.

Selepas pensiun dari dinas kepolisian, bapak empat orang anak ini tidak lantas berdiam diri. Kehausannya terhadap ilmu pengetahuan membuat Bibit kembali ke dunia kampus untuk mengambil gelar doktoral yang akhirnya diperoleh pada 2002. Selanjutnya, kegiatan mengajar sebagai dosen menyita waktunya. Beliau bahkan sempat menjabat sebagai Rektor Universitas Bhayangkara.

Pada 2007, Bibit mengikuti seleksi calon pimpinan KPK 2007-2011 dengan mengusung empat rambu pemberantasan korupsi, yaitu: pemberantasan korupsi dalam bingkai hukum; tidak hanya represif, tapi membongkar akar masalah korupsi; urusan pemberantasan korupsi menjadi urusan semua kalangan; dan p engembalian kerugian negara. Komisi III DPR akhirnya memercayakan satu dari lima posisi pimpinan KPK kepada Bibit. Di KPK, Bibit menjabat sebagai Wakil Ketua yang membawahi bidang Penindakan serta Pengawasan internal dan Pengaduan Masyarakat.

Sumber: www.kpk.go.id

Posted by PROFILE TOKOH on 11.31. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Bibit Samad Rianto (Wakil Ketua KPK)

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery